Saksi bisu Kekejaman atas pelanggaran HAM

Anda akan bertanya – tanya di mana kah keadilan setelah melihat fakta – fakta di balik gambar berikut. Foto – foto berikut telah menjadi saksi bisu pelanggaran Hak Asasi Manusia yang terjadi di berbagai belahan bumi.

Namun, biasanya pelanggaran HAM berat ini dilakukan oleh pihak yang berkuasa atau oleh orang banyak sehingga sulit untuk mengadilinya. Dan biasanya pihak yang menjadi korban adalah mereka yang lemah dan tidak berdaya sehingga tidak berani melawan.



1. Seorang anak dan Burung Pemakan Bangkai

Foto di atas diambil oleh seorang fotografer kelahiran Afrika Selatan, Kevin Carter. Fotonya ini menggambarkan seorang anak di Sudan yang menahan laparnya. Ia sedang berusaha merangkak menuju pusat pemberian makanan PBB. Namun ia kelelahan, tenaganya hampir habis. 
Di gambar terlihat bahwa ia sedang berisitirahat sejenak mengumpulkan sisa – sisa tenaga yang dimilikinya. Nampak pula seekor burung pemakan bangkai sedang menunggu. Burung itu berharap agar anak itu mati sehingga burung itu dapat memakan bangkainya. Kevin Carter mendapatkan penghargaan Pulitzer untuk fotonya itu.

2. Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki

Gambar di atas menunjukkan bom atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang. Pada saat Perang Dunia ke-2, Amerika menjatuhkan 2 bom atom di Jepang. Bom atom ini telah menewaskan sekitar 90.000 – 166.000 orang di Hiroshima dan 60.000 – 80.000 orang di Nagasaki. 

Efek radiasi nya telah menyebabkan warga kota sekitar mengalami cacat fisik, bahkan hingga meninggal dunia. 

3. Hukuman Gantung terhadap 2 Pemuda Negro

Gambar di atas memiliki cerita kejam di baliknya. Kedua pemuda negro ini dihukum gantung oleh massa tanpa diadili. 

Kedua pemuda negro ini dituduh telah memperkosa seorang perempuan Kaukasia dan membunuh pacarnya. Dan yang lebih menghebohkan lagi, tampak ada sukacita di wajah massa yang telah menyiksa dan menggantung kedua pemuda ini. 

4. Orang Yahudi terakhir dari Vinnitsa

Gambar di sebelah kiri adalah gambar seorang Yahudi yang sedang berlutut di depan sebuah kuburan massal. Ia adalah orang Yahudi terakhir yang akan dieksekusi. 

 Pembunuhan massal ini dilakukan pada masa rezim militer Nazi di bawah pimpinan Hitler. Genosida ini salah satu pelanggaran HAM terberat di dunia ini. 

5. Hector Pieterson

Hector Pieterson adalah salah seorang tokoh pemberontakan di Afrika Selatan. Hector menjadi ikon dari pemberontakan Soweto yang terjadi pada tahun 1976 di Afrika Selatan. 

Kemudian ia ditembak mati oleh para polisi setempat dengan dalih Hector adalah provokator dari protes mahasiswa. Gambar di atas menunjukkan dia sedang dibopong oleh sesama mahasiswa. 

6. Eksekusi Seorang Tentara VietKong

Foto di atas berjudul ”Jenderal Nguyen Ngoc Loan sedang mengeksekusi seorang tahanan VietKong di Saigon”. Foto ini dianggap sebagai salah satu gambar yang paling terkenal dalam sejarah jurnalistik. 

Seorang fotografer berkebangsaan Amerika, Edward Adams dianugerahi Hadiah Pulitzer untuk foto ini. Foto ini menggambarkan seorang Kepala Kepolisian Nasional Vietnam Selatan sedang mengeksekusi seorang tentara VietKong. 

7. Kuburan Seorang Anak Korban dari Tragedi Bhopal

Tragedi Bhopal merupakan salah satu insiden industri paling mematikan di dunia. Gambar di atas menunjukkan salah satu dari 3.787 kematian yang disebabkan oleh bencana ini.  

Pada tahun 1984, sebuah tangki penyimpanan gas pabrik pestisida di Bhopal, India, bocor. Kebocoraan ini menyebabkan 27 ton gas methyl isocyanate lepas ke udara. Akibatnya 500.000 penduduk terkena dampak gas beracun dan 120.000 di antaranya menderita berbagai penyakit, seperti kebutaan, kesulitan bernafas, serta kerusakan ginjal dan hati. 

8. Penjara Abu Ghraib

Setahun setelah invansi Irak pada tahun 2003, dunia menerima laporan mengenai fakta mengejutkan mengenai pelanggaran HAM. 

Para tahanan di penjara Abu Ghraib disiksa, diperkosa, dan dibunuh dengan keji. Pelaku pelanggaran HAM tersebut tak lain adalah para personel militer AS dan beberapa agen pemerintah terkait. 

9. Seorang Ayah Palestina melindungi anaknya dari tembakan

Gambar-gambar di atas adalah gambaran dari adegan baku tembak di Gaza. Foto ini diambil secara tak sengaja oleh 2  juru kamera  Prancis di dekat Perbatasan Gaza. 

Rekaman itu menunjukkan seorang ayah berkebangsaan Palestina Jamal al-Durrah, mencoba untuk melindungi putranya yang masih berusia 12 tahun, Muhammad al-Durrah. Mereka sedang menghindari baku tembak sambil bersembunyi di balik dinding beton. Sang ayah berteriak kepada tentara Israel untuk menghentikan penembakan. Anaknya Jamal kemudian ditembak mati. Sedangkan Jamal sendiri terluka parah. 

10. Aksi Terorisme 11 September

Pada tanggal 11 September 2001, sebuah teror melanda Amerika. 2 buah pesawat penumpang diduga telah dibajak oleh Al-Qaeda. Pesawat tersebut kemudian menabrak menara kembar. 

Gedung tersebut langsung runtuh dan merenggut nyawa sebanyak 3000 orang tak bersalah. Beberapa foto tragedi ini menunjukkan beberapa orang melompat dari atas jendela untuk melarikan diri dari api yang berkobar setelah tabrakan. (listphobia/gio) 

2 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Hukum
    Artikel yang sangat menarik ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus
  2. iy makasig gan,saya akan posting hal hal terbaru, keep walking bro

    BalasHapus